Kamis, 23 Februari 2012

Tips Pola Hidup Sehat yang murah dan mudah

Untuk menjalani pola hidup sehat, kita cenderung berpikiran akan mengeluarkan biaya yang mahal, tetapi sebenarnya pola hidup sehat dapat diperoleh dengan mudah dan murah. Kadang sesuatu yang sehat biasanya memang tidak enak dan tidak nyaman untuk dijalani. Tetapi sebenarnya pola hidup sehat sangat mudah dan murah. Sebaiknya pola hidup sehat sudah diajarkan sedini mungkin dengan kebiasaan tersebut anak diharapkan akan terbiasa ketika dewasa nanti. Dengan melakukan pola hidup sehat kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit tanpa perlu obat-obatan, seperti kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati.
Berikut ini tips pola hidup sehat yang mudah untuk dilakukan:
  1. Biasakan beraktivitas di pagi hari karena pada malam hari tubuh memerlukan waktu untuk beristirahat agar organ-organ dalam tubuh bisa relax bekerja dalam membuang toksin.
  2. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan yang kaya akan nutrisi. Usahakan selipkan sayur dan buah dalam setiap menu makan kita.
    photo: klikdokter.com
  3. Minum air putih minimal 8 gelas atau 2,5 liter sehari. Dengan minum air minimal 8 gelas tubuh tidak akan mengalami dehidrasi, dapat melancarkan pencernaan, dapat melembabkan kulit apalagi untuk yang bekerja diruangan ber-AC, membantu tubuh mengeluarkan toksin. Nah, jangan tunggu haus untuk minum.
  4. Hindari makanan yang berlemak dan berminyak, seperti daging, jeroan, gorengan, dan makanan bersantan. Karena makanan tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol. Jika memang ingin makan usahakan jangan setiap hari, minimal seminggu sekali. Lebih baik dapatkan asupan lemak dari kacang-kacangan.
  5. Ini yang penting tapi biasanya malas untuk melakukannya, Olahraga. Lakukan olahraga untuk menjaga kesegaran tubuh serta membakar kalori seperti senam, footsal, jogging (min 30 menit) bisa disekitar komplek rumah atau pergi kegelanggang olahraga, belajar menari, dll.
  6. Menjaga kebersihan badan. Mandi dan berganti pakaian, serta cuci tangan setiap sebelum makan dan setelah dari toilet.
    photo:lmizaituni.blogspot.com
  7. Hindari perasaan negatif dan stress karena dapat mempengaruhi kesehatan. Jika stress cobalah untuk refreshing jalan-jalan bersama keluarga, pasangan ataupun teman.
  8. Hindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan, misal merokok, konsumsi minuman beralkohol dan bersoda, konsumsi obat-obatan terlarang, dan begadang.
    photo : cahyanuaink.blogspot.com
  9. Usahakan jangan tidur larut malam dan tidur yang cukup minimal 5-7 jam sehari. Bila mengalami sulit tidur lakukan mandi air hangat, minum cokelat hangat atau membaca bacaan ringan.
  10. Biasakan minum susu untuk menjaga kesehatan tulang. Minum susu pagi dan malam hari agar kebutuhan kalsium terpenuhi. Bila tidak suka susu, es krim dapat dijadikan alternatif pengganti susu (konsumsi secukupnya). Es krim juga dapat dikonsumsi oleh Ibu hamil yang tidak mau makan (para dokter di Eropa menganjurkan hal ini).
    Campina es krim rasa Vanilla 800ml
  11. Hindari makanan yang banyak menggunakan bahan pengawet dan pewarna berbahaya, serta junk food karena dapat menyebabkan kanker.
  12. Hindari makanan serta minuman yang banyak mengandung garam, gula, serta kafein tinggi.
Lakukan tips diatas yang menurut kalian paling mudah untuk dilakukan. Untuk mempermudah kalian buatlah program yang tersusun. Ayo lakukan perubahan kecil mulai dari sekarang. Selamat mencoba, semoga berhasil ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar